footer logo

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau Fire Extinguisher

Image result for APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau Fire Extinguisher

sepatu safety murah - Pengertian APAR (Alat Pemadam Api Enteng) atau Fire Extinguisher
Berdasar pada Permenakertrans No. 04/Men/1980 Bab I Ketetapan Umum Pasal 1, (1) APAR adalah alat yang enteng dan gampang dilayani oleh satu orang untuk memadamkan api pada mula terjadinya kebakaran.

Sedikit Flash back mengenai kebakaran adalah sistem reaksi kimia pada bahan bakar (fuel), oksigen dari udara (O2) dan sumber panas (Heat). hingga penyalaan bisa berlangsung bila ada 3 unsur itu yang biasanya di kenal sisi tiga api (Fire Triangle) walau demikian ada juga rencana (Fire Hexagonal) dengan menaikkan unsur ke-4 yakni reaksi berantai (Chain Reaction) jadi prasyarat satu terjadinya satu sistem kebakaran. Butuh di ingat kalau sistem penyalaan satu bahan bakar ditetapkan oleh tiga aspek terpenting salah satunya yaitu Titik Nyala (Flash Point), Batas Nyala (Flammable Range) dan Titik Nyala Sendiri (Auto ignition).

Apakah itu (Fire Rating)? Kekuatan alat pemadam untuk memadamkan kebakaran yang di beri kode huruf dan angka misalnya 2A 10B, 3A 15B, 4A 20B dll. Huruf tunjukkan kelas kebakaran & Nomor tunjukkan ukuran besarnya api yang bisa dipadamkan.

Bagaimna memastikan (Fire Rating), Pastinya pemilihan (Fire Rating) berdasar pada hasil pengujian yang sesuai dengan kelas kebakarannya yakni A, B, C & D (Cobalah kembali diliat tentang Penggolongan Kebakaran) - Permenakertrans No. 04/Men/1980 Bab I Ketetapan Umum Pasal 2 yakni A. Kebakaran bahan padat terkecuali logam (Kelompok A) ; B. Kebakaran bahan cair atau gas yang gampang terbakar (Kelompok B) ; C. Kebakaran instalasi listrik bertegangan (Kelompok C) & D. Kebakaran logam (Kelompok D).

Untuk kebakaran Kelompok A, Pengujian dikerjakan dengan membakar tumpukan kayu (Material kelas A) dengan Volume spesifik yang lalu dibakar sepanjang 10 Menit, Untuk kebakaran Kelompok B, Pengujian dikerjakan dengan memakai bahan bakar type premium (fuel gas) yang dibakar dalam bak dengan luas spesifik sepanjang 3 menit, Untuk kebakaran Kelompok C, Pengujian dikerjakan dengan memakai instalasi listrik ber tegangan 10. 000 volt & Untuk kebakaran Kelompok D tidak dikerjakan pengujian spesifik.

Rating APAR - Kebakaran Kelompok A,
Arti dari Rating 1-A yaitu kekuatan APAR itu sama dengan APAR diisi air 1-1. 25 Galon. Contoh Rating 2-A menerangkan kalau media pemadam itu sama dengan 2. 5 galon air dan dapat memadamkan 2X APAR Rating 1-A pada kelas yang sama. Butuh di ingat kalau bahan bakar yang dipakai dalam pengujian ini yaitu kayu yang disusun dengan konfigurasi spesifik. untuk standard rating sendiri pastinya beragam - UL Rating -Amerika 1A- 40-A sedang (CEN/Rating Commite de Normalization) ada yang dari mulai 3A s/d 55-A. Jadi Janganlah Bingung Sekali lagi bila rating APAR 40-A maka APAR itu mempunyai kekuatan memadamkan kebakaran Kelompok A yang sama dengan 40 x 1. 25 US galon air = 50 U. S galon Air.

Rating APAR - Kebakaran Kelompok B,
Arti dari Rating 1-B yaitu kekuatan APAR itu untuk memadamkan kebakaran golongan-B seluas 1 ft2 oleh seorang yang belum juga Pakar, di mana sebagian pendapat menyebutkan seorang yang belum juga pakar dipandang mempunyai 40% kekuatan dari seorang yang pakar. Butuh di ingat kalau bahan bakar yang dipakai dalam pengujian ini bahan bakar cair. untuk standard rating sendiri pastinya beragam UL Rating - Amerika : 1-B hingga 640-B & CEN/Rating Commite de Normalization) ada yang dari mulai 8-B s/d 233-B. Jadi Janganlah Bingung Sekali lagi bila rating APAR 40-B maka luas kebakaran kelompok B yang bisa dipadamkan oleh personal yang belum juga pakar yaitu seluas 40 ft2.

Peletakan APAR
Nyaris umumnya dari praktisi di dalam memastikan jumlah APAR meremehkan Rating APAR walau sebenarnya Rating APAR ini begitu perlu untuk membuat keperluan & peletakan APAR disuatu ruang atau ruang/sarana. Untuk Rujukan ketentuan di Indonesia bisa mengacu Permenakertrans No. 04/Men/1980 mengenai kriteria pemasangan dan pemeliharaan APAR.

Type APAR yang seringkali dipakai :

  1. Alat Pemadam Air Bertekanan di mana APAR type ini ada dalam ukuran 2. 5 galon (9. 5) liter dengan nilai kekuatan pemadaman 2A, APAR ini memiliki kekuatan cuma untuk kelas A, APAR ini umumnya bertekanan s/d 100 psi, Berat APAR ini sekitaran 35 lb dalam kondisi penuh dengan daya semprot efisien kurang lebih 40 feet (9-10 mtr.) dengan saat penggunaan sekitaran 1 menit. Rating APAR dengan berat 10 liter - 2A & 15 liter- 3A 
  2. Alat Pemadam Api Karbondioksida (CO2 -Carbon Dioxide) di mana APAR type karbondioksida ada dalam ukuran dari (1. 2 kg - 9. 1 kg) 2. 5 - 20 lb yang bisa dijinjing dan (23 kg - 68 kg) 50 -150 lb untuk yang memakai roda. Umumnya untuk yang diangkat nilai ratingnya pada 1 - 10B : C dan untuk yang memakai roda dari 10 - 20B : C, Type APAR ini diisi CO2 di bawah desakan uapnya (vapour density) Lama penyemprotan sekitaran 8-30 detik dengan jarak penyemprotan sekitaran 3-8 feet atau 1-2. 4 mtr.. Rating APAR dengan berat 2 Kg - 1B, 1C & 10 Kg - 2B, 2C. 
  3. Alat Pemadam Api Bubuk Kimia Kering, APAR ini ada dalam 2 type yakni bertekanan (pressurized) dan penekan (cartridge), APAR bertekanan (pressurized) didalamnya telah di beri desakan dengan memakai gas yang berperan untuk menghimpit media pemadam supaya keluar dari tabung, gas yang umum dipakai umumnya type nitrogen yang berbentuk iner dan tidak mengakibatkan kerusakan bahan sedang penekan (cartridge) di dalam tabung ada gas diisi CO2 bertekanan tinggi, di mana ketika dioperasikan gas dari tabung ini akan terbuka hingga gas masuk tabung dan menghimpit media pemadam sampai keluar. Rating APAR Berat 0. 5 Kg - 1B, C, 1 Kg - 2B, C, 2 Kg - 4B, C, 5 Kg - 7B, C, 15 Kg - 20B, C. 
  4. Alat Pemadam Api Busa, APAR ini ada 2 jenis yakni AFFF (Aqueous Film Forming Foam) dan Busa Kimia. APAR AFFF memiliki ukuran 2. 5 galon dengan kekuatan 3A : 20B dan 33 galon dengan kekuatan 20A : 160B. Media pemadam yaitu kombinasi Aqueous Film Forming dengan air yang akan membuat busa mekanis apabila disemprotkan lewat (nozzle).

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar:

  1. Kedamaian selalu bersamamu! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka ada di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda. Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu seorang teman online yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada IBU. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya menerapkan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com, whatsapp +19147057484 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  2. nama saya adalah Ibu Najwa Mohamed Saya tinggal di Depok Indonesia, saya segera ingin menggunakan media ini secara online untuk memberi tahu seluruh Indonesia untuk berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu. ada banyak pemberi pinjaman palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka asli dan nyata,
    Saya ingin bersaksi tentang bagaimana Tuhan Yang Maha Kuasa membimbing saya kepada pemberi pinjaman sejati dan mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditor pinjaman di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran, jaminan, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya. Kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online sehingga saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman yang baru saja mendapatkan pinjaman online dan berbagi kisahnya secara online, dia bercerita tentang seorang wanita bernama Ny. Rika Anderson, CEO RIKA ANDERSON PERUSAHAAN PINJAMAN. Beberapa hari yang lalu saya mengajukan pinjaman (Rp200.000.000) dengan bunga rendah, saya memberi tahu ibu saya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam saya menerima pesan bank dari mentransfer pinjaman pinjaman saya ke rekening bank saya dan saya sangat senang dengan bisnis dan keluarga saya. siapa pun yang ingin menghubungi ibu pemberi pinjaman melalui e-mail rikaandersonloancompany@gmail.com, Whatsapp: +19147057484 Saya berjanji untuk membagikan kesaksian saya. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia karena perbuatan baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di hari-hari bahagia najwamohamedh@gmail.com ..

    BalasHapus
  3. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  5. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIM
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan untuk meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus