footer logo

Cara Mudah Mendesain Website dan Blog untuk Pemula

Image result for 6 Tips Membuat Website untuk Pemula

jasa pembuatan website profesional - Banyak anggapan kalau pekerjaan mendesain website yaitu pekerjaan rumit yang perlu dilakukan oleh seseorang desainer kurun waktu yg tidak sebentar. Pernyataan ini tidak salah, tetapi kamu dapat juga jadi desainer untuk website atau situs (blog) pribadi kamu. Sudah pasti bukanlah design website dari pertama yang saya maksud, tetapi design website atau situs (blog) lewat cara memadu-padankan komponen-komponen situs (blog) agar didapat sebuah situs (blog) dengan design yang cantik.

1. Theme 
Theme yang disiapkan didalam layanan situs (blog) biasanya yaitu theme dipilih dari demikian banyak theme yang berada di internet. Kamu mungkin memakai theme dari luar untuk situs (blog) kamu di blogspot, tetapi theme yang dapat kamu pilih dari dalam blogspotnya sendiri sesungguhnya telah cukup baik untuk kamu. Baik dari bagian kompabilitas, responsif, dan mensupport SEO. Sesaat bila kamu yaitu penguna wordpress, theme yang di ambil dari katalog resmi wordpress juga akan dengan teratur memperoleh up-date. Bila theme yang kamu pakai yaitu theme dari luar layanan situs (blog), kamu belum juga pasti memperoleh keuntungan ini.

Banyak hal yang dapat diperhitungkan :
  • Tren theme (tren 2014 yaitu theme situs (blog) design flat) 
  • Responsivitas theme 
  • Type situs (blog) (text situs (blog), foto situs (blog), magazine situs (blog)) 
  • Topik situs (blog) (yang dapat berpengaruh pada warna situs (blog), type font, dan lain-lain) 
2. Widget 
Sama dengan theme, banyak widget yang dapat kamu pakai untuk membuat cantik situs (blog) kamu. Tetapi isi situs (blog) dengan adanya banyak widget juga akan perlambat sistem loading website kamu, terlebih bila widget itu di ambil dari luar layanan blognya.

Banyak hal yang dapat dipertimbangan :
  • Makin sedikit widget, makin cepat loading blog 
  • Peranan widget (widget jam misalnya, tidak memerlukan karena kebanyakan orang yang buka situs (blog) kamu terang telah memiliki jam di computer atau smartphone nya) 
  • Music widget (kebanyakan orang memiliki lagu favoritnya sendiri, tidak telah paksa pengunjung situs (blog) kamu untuk dengarkan lagu favorite kamu) 
3. Font 
Mulai sejak meluncurkan interface baru untuk dashboardnya, kamu yang memakai basis situs (blog) blogspot dapat ganti semua font yang ada pada situs (blog) kamu dengan font yang kamu pilih. Dari mulai font standard seperti Arial, Tahoma, dan Verdana, sampai font yang rumit demikian rupa. Tidak salah kamu memakai font apa pun untuk situs (blog) kamu, tetapi belum juga pasti pembaca kamu juga akan menyukai juga font itu. Bila kamu ingin ganti font bawaan theme, pastikan agar font penggantinya lebih mudah untuk di baca dari pada font sebelumnya.

Banyak hal yang dapat diperhitungkan :
  • Tujuan situs (blog) (Pakai font standard untuk website informasi dan berita, font comic sans untuk situs (blog) sharing misalnya)
  • Perbandingan besar kecil pada font yang satu dengan font yang lain 
  • Makin sedikit font yang dipakai dalam suatu situs (blog), makin cepat loadingnya 
4. Flash 
HTML5 diberitakan juga akan jadi pengganti kuat dari flash yang berat dan memerlukan waktu loading yg tidak sedikit. Tetapi saat ini banyak website yang didalamnya memiliki komponen flash. Mungkin widgetnya, mungkin iklannya, atau barangkali keseluruhnya website tersebut yaitu flash.

Anjuran : Minimalisasi semua widget yang disebut widget flash. Bila keseluruhnya situs (blog) yaitu flash, ganti layanan situs (blog) kamu, karena saat ini Google belum juga dapat meng-index flash.

5. Iklan 
Makin banyak website yang memiliki tujuan untuk memperoleh uang dari internet, maka dipasangkan banyak script iklan diwebsitenya. Sayangnya, banyak yang dalam meletakkan iklan itu tidak memerhatikan design blognya sendiri. Dari mulai iklan pop up, sampai jebakan click. Memakai iklan lewat cara seperti ini dapat buat kamu di banned dari layanan iklan yang kamu ikuti, dapat juga mengakibatkan kerusakan design cantik situs (blog) kamu yang menyebabkan larinya pengunjung.

Berikut banyak hal yang dapat diperhitungkan :

  • Ikuti ketentuan Google Adsense (maksimum 3 iklan dalam satu halaman) 
  • Janganlah pakai iklan pop up atau mengambang 
  • Tempatkan iklan pada spot yang mudah diliat dan dibuka pengunjung


Ke-5 point di atas dapat jadi arahan untuk semua yang memiliki situs (blog) atau website dalam men-design situs (blog) nya dengan mudah. Yang perlu diingat, penampilan situs (blog) tidak harus penuh dengan semua pernak-pernik kegemaran pribadi, karena belum juga pasti pengunjung yang datang memerlukan semua pernak-pernik itu :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar