footer logo

Keselamatan Kerja Bidang Kelistrikan

Image result for Tips Bekerja dengan Aman dan Selamat

sepatu safety murah - Keselamatan kerja adalah segi yang berkaitan dengan keselamatan dan kesejahteraan pekerja pada institusi yang mempunyai tujuan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. Salah satu pekerjaan yang memiliki resiko tinggi pada pekerjaan yaitu yang berhubungan dengan listrik. Di Indonesia, setiap tahunnya banyak pekerja listrik (elektris) cidera dan wafat karena tidak mematuhi ketentuan keselamatan kerja. ambil jalan pintas agar pekerjaan cepat usai tanpa ada mematuhi prosedur keselamatan yang bisa menyebabkan fatal, seperti hilangnya nyawa, cidera, dan dapat dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Bahaya umum listrik

Pekerja elektris sangat punya potensi terserang beragam jenis bahaya seperti tersengat listrik, terjatuh, dan kebakaran termal. Pada beberapa contoh itu, hal paling umum kemungkinan yang bisa menyebabkan sengatan listrik, adalah

  • Kabel terbuka (kabel telanjang) 
  • Perlengkapan atau kabel yang rusak 
  • Outlet rusak dan penutupnya hilang 
  • Menggunkaan kabel listrik yang rusak 
  • Pemakaian kabel penambahan yg tidak benar 
  • Outlet listrik yang berlebihan 

Bekerja pada keadaan yang basah

Untuk mengecilkan resiko karena listrik, maka pekerja harus ikuti ketentuan Keselamatan Kerja Bagian Kelistrikan, satu diantaranya melalui standarisasi Cal/OSHA (Occupational Safety and Health Administration)

Ketentuan Cal/OSHA untuk keselamatan listrik

OSHA memiliki pertauran untuk tingkatkan keselematan pekerja dan keadaan kerja yang sehat. Ketentuan ini diisi 8 judul dari California code of regulation (T8CCR). Beberapa besar ketentuan kesehatan dan keselamatan listrik dapat diketemukan di T8CCR, Bab4, sub-bab 5

Pekerja dapat menghindar sengatan listrik dan cidera karena bahaya listrik lewat cara :

Tahu sistem terjadinya sengatan listrik
Hal semacam ini sangat penting untuk dipahami karena sengatan listrik dapat terjadi tanpa ada melibatkan kontak fisik dengan bagian aliran listrik ketika memiliki tegangan yang cukup. Parahnya badan karena sengatan listrik bergantung pada laju aliran listrik yang menyebar ke badan, lama waktu sengatan listrik yang terjadi pada badan dan jalur arus yang menyengat badan.

Mengetahui potensi bahaya sekitar kerja yang melibatkan listrik
Pekerja listrik harus mengetahui/mengidentifikasi semua bentuk potensi bahaya listrik yang ikut serta dalam pekerjaan. Pekerja harus mengetahui kesempatan terjadinya sengatan listrik ketika bekerja dengan tegangan tinggi, keadaan kerja basah, berkeringat dan tidak memakai alat pelindung diri. Sebelumnya kerja diawali, sangat penting untuk mengetahui dan mengidentifikasi semua keadaan bahaya yang ada.

Beberapa ketentuan umum yang sudah diringkas mencakup :

  • Tak ada kerja yang usai pada pekerjaan yang sistem kelistrikan terbuka 
  • Harus senantiasa meyakinkan circuit energy dalam kondisi terkunci ketika dipakai dan dicek ketika energy dimatikan/circuit tidak dialiri energy 
  • Setelah perkerjaan usai, harus dipastikan kembali alat-alat listrik dipasang dengan lengkap 
  • Sebelumnya bekerja kontruksi, pekerja harus ketahui setiap bagian dari circuit daya energy listrik yang juga akan kontak dengan pekerja. 
  • Melindungi jarak sekitar panel 

Pastikan ada izin yang ideal untuk menjalankan dan layanan perlengkapan listrik dengan aman. Peluang kalau seseorang pekerja mungkin juga akan terperanjat bertambah ketika bekerja pada perlengkapan dengan bagian-bagian energi dan terserang di ruang sempit. Minimal kelonggaran berdasar pada laju tegangan perlengkapan dan keadaan kerja.

Memakai alat pelindung diri
Memakai alat pelindung yang tepat seperti sekering dan pemutus circuit, landasan, dan sakelar yang sangat penting dalam semua karya listrik untuk menyingkirkan bahaya listrik.

Ikuti instruksi pabrikan dan latihan bekerja sehat.
Hal yang paling penting dalam bekerja yaitu ikuti semua instruksi pabrikan dan bekerja dengan sehat dengan memakai alat pelindung diri. Dalam instruksi pabrikan sudah diterangkan untuk memakai komponen kelistrikan dengan baik hingga dapat meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. latihan bekerja sehat dapat juga memberi disiplin pengetahuan yang bisa diaplikasikan pekerja hingga ketahui apa sajakah yang juga akan dipakai dan dilakukan ketika bekerja.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar