footer logo

Alat Pelindung Diri

Image result for Alat Pelindung Diri

sepatu safety murah - Kesehatan dan Keselamatan Kerja yaitu dua hal yang sangat penting. Oleh karena itu, semua perusahaan berkewajiban sediakan semua kepentingan perlengkapan/peralatan perlindungan diri atau personal protective Equipment (PPE) untuk semua karyawan yang bekerja sesuai sama kemungkinan pekerjaannya. Berikut ini yaitu beberapa contoh Alat Pelindung Diri Standar yang biasanya digunakan oleh beberapa pekerja :

1. Baju Kerja

Maksud penggunaan baju kerja yaitu membuat perlindungan tubuh manusia pada bebrapa dampak yang kurang sehat atau yang dapat melukai tubuh. Megingat ciri-khas lokasi project konstruksi yang biasanya mencerminkan keadaan yang keras maka selayakya baju kerja yang dipakai juga tidak sama juga dengan baju yang dipakai oleh karyawan yang bekerja di kantor. Perusahaan yang tahu benar problem ini biasanya sediakan sejumlah 3 gunakan dalam setiap tahunnya.

2. Sepatu Kerja

Sepatu kerja (safety shoes) adalah perlindungan pada kaki. Setiap pekerja konstruksi perlu memakai sepatu dengan sol yang tidak tipis agar dapat bebas jalan dimana-mana tanpa ada terluka oleh benda-benda tajam atau kemasukan oleh kotoran dari bagian bawah. Bagian muka sepatu harus cukup keras agar kaki tidak terluka bila tertimpa benda dari atas.

3. Kacamata Kerja

Kacamata pengaman dipakai untuk melidungi mata dari debu kayu, batu, atau serpih besi yang beterbangan di tiup angin. Mengingat partikel-partikel debu memiliki ukuran sangat kecil yang terkadang tidak terlihat oleh mata. Oleh karena itu mata perlu diberi perlindungan. Biasanya pekerjaan yang memerlukan kacamata yaitu mengelas.

4. Sarung Tangan

Sarung tanga sangat diperlukan untuk beberapa type pekerjaan. Maksud utama pemakaian sarung tangan yaitu membuat perlindungan tangan dari benda-benda keras dab tajam selama menggerakkan aktivitasnya. Salah satu aktivitas yang memerlukan sarung tangan yaitu mengangkat besi tulangan, kayu. Pekerjaan yang sifatnya berulang seperti medorong gerobag cor dengan terus-meerus dapat menyebabkan lecet pada tangan yang bersentuhan dengan besi pada gerobag.

5. Helm

Helm (helmet) sangat pentig dipakai jadi pelindug kepala, dan telah adalah kewajiban untuk setiap pekerja konstruksi untuk memakainya dengar benar sesuai ketentuan. Helm ini diguakan membuat perlindungan kepala dari bahaya yang datang dari atas, misalnya saja ada barang, baik perlengkapan atau material konstruksi yang jatuh dari atas. Memang, sering kita saksikan kedisiplinan beberapa pekerja untuk memakainya masih tetap rendah yang pastinya dapat membahayakan sendiri.
6. Sabuk Pengaman

Telah semestinya untuk pekerja yang melakukan aktivitasnya di ketinggian tertentu atau pada tempat yang membahayakan harus kenakan tali pengaman atau safety belt. Peranan utama talai penganman ini dalah melindungi seseorang pekerja dari kecelakaan kerja ketika bekerja, misalnya saja aktivitas erection baja pada bangunan tower.

7. Penutup Telinga

Alat ini dipakai membuat perlindungan telinga dari bunyi-bunyi yang di keluarkan oleh mesin yang memiliki volume nada yang cukup keras dan bising. Terkadang dampaknya buat periode panjang, apabila sehari-hari mendengar nada bising tanpa ada penutup telinga ini.

8. Masker

Pelidung untuk pernafasan sangat diperlukan untuk pekerja konstruksi mengingat keadaan lokasi project itu sediri. Beragam material konstruksi memiliki ukuran besar sampai sangat kecil yang disebut sisa dari suatu aktivitas, misalnya serbuk kayu sisa dari aktivitas memotong, mengampelas, mengerut kayu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar