footer logo

Jenis-Jenis Perlengkapan K3 serta Panduan Pilih APD Yang Benar




Jenis-Jenis Perlengkapan K3
Untuk kamu yang beekerja dalam suatu perusahaan tentunya lebih memprioritaskan keselamatan kerja. Kesehatan serta keselamatan atau k3 ini sudah di mengatur dalam undang-undang ketenagakerjaan, jadi tiap perusahaan serta pekerjanya di sini harus sama-sama tahu tentang keselamatan kerja yang sesuai standard keselamatan yang berlaku. Diantaranya dengan memakai alat pelindung diri atau APD yang sesuai standard yang berlaku. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


Jenis-Jenis Perlengkapan K3
APD ini adalah beberapa alat yang memiliki potensi membuat perlindungan satu orang serta manfaatnya menutup beberapa badan atau serta semua badan mempunyai tujuan untuk menghindarkan dari satu risiko kecelakaan waktu dalam tempat kerja. APD ini terbagi dalam kelengkapan yang wajib di pakai oleh semua pekerja sesuai bahaya atau risiko kerja yang di gunakannya sekaligus juga membuat perlindungan seseoarang yang berada di dekatnya. Keharusan itu sudah tercantum di ketentuan menteri tenaga kerja serta transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang alat pelindung diri. Pengusha di sini harus sediakan APD buat pekerjanya sesuai standard nasional Indonesia atau SNI.

Jenis-Jenis Perlengkapan K3
Beberpa kelengkapan atau perlengkapan yang harus di pakai waktu kamu sedang bekerja bisa di cocokkan dengan kekuatan bahaya yang terkait hal itu untuk memperhatikan kesehatan serta keselamatan kerja kamu hingga kamu akan kerja dengan nyaman serta aman. Alat pelindung diri ini pemakaiannya sudah di mengatur oleh pemerintah jadi kamu harus mematuhinya, di bawah ini kami beri perlengkapan pelindungan diri yang sesuai keselamatan serta kesehatan kamu :

Di bawah ini adalah beberapa jenis pelaratan k3 yang sesuai standard kesehatan serta keselamatan kerja (K3)

1. Helm keselamatan
Helm keselamatan
Beberapa jenis Perlengkapan K3 yang pertama ialah Helm keselamatan atau safety helmet ini berperan jadi pelindung kepala dari beberapa jenis kecelakaan seperti bentrokan, pukulan atau keruntuhan benda tajam atau berat dari atas udara. Diluar itu helm ini dapat juga membuat perlindungan kepala dari satu radiasi panas, api, percikan bahan kimia atau suhu yang ekstrim. Teteapi untuk beberapa pekerjaan yang tidak berat kamu bisa memakai topi atau penutup kepala.

2. Sabuk serta tali keselamatan
Sabuk serta tali keselamatan
Beberapa jenis Perlengkapan K3 setelah itu Sabuk keselamatan atau safety belt ini adalah alat yang berperan untuk batasi gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau lepas ari tempat yang dikehendaki. Beberapa ada yang menharuskan untuk ada pada tempat yang beresiko misalnya sama dengan tempat miring, bergantung atau masuk rongga sempit. Untuk sabuk keselamatan ini terbagi dalam harness, lanyard, safety rope dan lain-lain yang bisa di pakai bertepatan dengan beberapa alat lainnya seperti karabiner, ropevclamp, dan sebagainya.

Sepatu boot
Sepatu boot ini berperan membuat perlindungan kaki dari satu bentrokan atau timpaan benda berat serta sampai tertusuk benda tajam. Lebih untuk menghindarkan dari cairan panas atau dingin ua panas, bahan kimia yang beresiko, perbedaannya dengan safety shoes ialah perlindungan yang lebih optimal sebab memiliki bentuk yang tinggi serta membuat perlindungan s/d ke betis serta tulang kering. mengenai beberapa jenis sepatu yang lain yakni :

Steel toe ini adalah type sepatu unttuk membuat perlindungan jari-jari kaki dari satu benda
Metatarsal ini adalah mode sepatu yang berfunsi khusu membuat perlindungan semua kaki dari untukan tuas s/d jari.
Reinforced sole ini adalah mode sepatu yang dibuat berbahan penguat dari besi yang berperan membuat perlindungan dari satu tusukan ke kaki.
Latex/rubber adalah sepatu yang tahan pada bahan kimia serta lebih memberi daya cengkeram yang kuat pada permukaan yang licin.
Pvc boots ini adalah sepatu yang berperan membuat perlindungan dari lembab serta menolong untuk berjalan dalam tempat becek
Vinyl boots adalah sepatu yang tahan pada Lrutan kimia, asam, alkali, garam, air dan darah
Nitrile boots adalah sepatu yang tahan pada lemak hewan, li serta bahan kimia.

Masker
Masker pernapasan ini berperan jadi pelindung organ pernapasan dengan menyaring vemaran bahan kimia, mikro organisme, partikel debu, aerosol uap, asap atau gas. Hingga nanti udara yang di hirup maasuk pada tubuh ialah udara yang bersih serta sehat. Masker ini mempunyai type yang bermacam seperti respirator, katrit, canister, tangka selam dan regulator serta alat membantu pernapasan.

Penutup telinga
Penutup telinga ini terbagi dalam ear plug atau ear muff serta manfaatnya ialah membuat perlindungan telinga dari suara keributan atau desakan.

Kacamata pengaman
Kacamata pengaman ini berperan jadi alat pelindung yang manfaatnya membuat perlindungan mata dari satu paparan partikel yang melayang-layang di udara atau air, percikan benda kecil, benda panas, atau uap panas. Diluar itu kacamata pengaman ini berperan untuk menghambat pancaran sinar langsung ke arah mata, dan bentrokan, pukulan benda tajam. Type kacamata ini dapat berbentuk spectacles atau googgles.

Sarung tangan
Sarung tangan ini manfaatnya membuat perlindungan jari-jari tangan atau api, suhu panas, suhu dingin, radiasi arus listrik, bahan kimia, bentrokan, pukulan, tergesek benda tajam atau infeksi dari zat pathogen seperti virus serta bakteri. Sarung tangan ini dibuat berbahan materil yang berbagai macam bergantung pada keperluan. Ada yang berbahan dibuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet serta sarung tangan yang tahan pada bahan kimia.

Untuk sarung tangan ini terbagi dalam beberapa macam salah satunya ialah
Sarung tangan katun (cotton gloves) sarung tangan ini di pakai membuat perlindungan tangan dari guratan tersayat dan cedera mudah.
Sarung tangan kulit (leather gloves) ini di pakai membuat perlindungan tangan dari satu guratan tersayat dan cedera mudah
Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan bahan kimia seperti Oli, Minyak, Perekat serta Grease.
Sarung Tangan Electrical, dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah sampai tegangan tinggi.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar