footer logo

Semua Tentang Branding yang Harus Anda Tahu


jasa pembuatan website di jakarta pusat - Kata branding berasal dari kata brand yang dalam bhs Indonesia bermakna merk. Dalam pemakaiannya, kata brand dan branding memiliki arti yang berlainan. Bila kata brand bermakna merk, maka pengertian branding yaitu beragam aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan maksud untuk membuat dan membesarkan sebuah brand atau merk.

Pengertian Branding Menurut Beberapa Ahli

Kotler (2009)
Menurut Kotler, pengertian branding yaitu pemberian nama, arti, sinyal, lambang, rancangan, atau gabungan dari kesemuanya, yang di buat dengan maksud untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau grup penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa kompetitor.

Landa (2006)
Menurut Landa, pengertian branding yaitu tidaklah sebatas merk atau nama dagang dari sebuah product, jasa, atau perusahaan. Tetapi semua yang terkait dengan beberapa hal yang kasa mata dari sebuah merk dari mulai nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, ciri-khas, kesan, persepsi, dan asumsi yang berada di benak customer perusahaan itu.

Beberapa Type Branding

1. Cultural Branding
Adalah usaha pemberian jati diri atau merk yang sesuai dengan kondisi reputasi suatu bangsa atau beberapa orang dari daerah tertentu.

2. Product Branding
Adalah usaha pemberian jati diri pada suatu product yang dapat merubah customer untuk memilih product itu dibanding product kompetitor yang lain.

3. Geographic Branding
Sebuah usaha pemberian jati diri yang memiliki maksud dalam menimbulkan deskripsi dari product atau jasa yang identik dengan nama sebuah tempat hingga apabila tempat itu dimaksud maka orang juga akan segera mengingat brand itu.

4. Personal Branding
Usaha yang dipakai oleh perorangan untuk jadikan diri mereka jadi brand yang di kenal dan diingat hingga memiliki penilaian atau pandangan sendiri dari orang-orang umum. Contoh personal branding yaitu artis, pemusik, maupun beberapa orang populer yang lain.

5. Corporate Branding
Segi branding dari sebuah perusahaan yang diawali dari product yang di tawarkan sampai peran pegawai perusahaan pada orang-orang.

Unsur-Unsur Branding

Karena sebuah brand yaitu jati diri dan aktivitas branding juga akan menyangkut pada pengenalan jati diri itu pada orang-orang, maka dalam sistem branding itu, kita harus mengerti unsur-unsur yang perlu diikutkan agar product kita mudah diingat. Mengenai Unsur-unsur branding yang perlu kita penuhi yaitu :

1. Nama Merek
Nama yaitu hal pertama yang perlu dipenuhi bila kita juga akan melakukan branding. Tanpa ada sebuah nama, maka product akan tidak memiliki jati diri yang juga akan mempermudahnya untuk dikenali orang-orang.

2. Logo (logo tipe, monogram, bendera)
Dalam pembuatan logo, cermatilah aspek kekhasan dan image yang sesuai sama brand. Logo yang unik juga akan meninggalkan kesan tidak terlupakan untuk customer.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

3. Penampilan Visual
Penampilan visual ini dapat diterapkan pada design product, design paket, design seraga, dan beda sebagainya. Memakai penampilan visual dengan beberapa warna yang cerah atau menawan juga akan menaikkan pencitraan pada sebuah product.

4. Pemakaian Juru Bicara
Juru bicara dalam hal semacam ini mungkin saja seseorang co-founder dari perusahaan, maskot, tokoh perusahaan, atau orang populer yang sudah di ajak bekerja bersama untuk tingkatkan pemasaran product.

5. Nada (lagu tematik)
Hadirnya sebuah lagu juga akan lengkapi unsur visualisasi branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat.

6. Kalimat (slogan, tagline, jingle, akronim)
Slogan yang cerdas senantiasa meninggalkan kesan mendalam. Dalam sistem pembuatan brand, pakai kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan lain dari brand beda.

Sistem melakukan branding dari sebuah usaha tentunya memerlukan biaya yg tidak sedikit. Untuk hindari ada pengeluaran yg tidak perlu maka Kamu harus juga mulai mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis Kamu juga akan terlepas dari beban usaha yg tidak diperlukan. Jurnal yaitu penyedia software akuntansi on-line yang juga akan menolong Kamu mengelola keuangan bisnis Kamu lebih baik. Dengan Jurnal, Kamu dapat melakukan penyimpanan dan pengecekan catatan keuangan bisnis kapan pun dan dimana pun sekaligus pengembangan aset usaha.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar