footer logo

Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula

Related image

jasa web tangerang - Bila Kamu coba mencari cara buat website, atau tengah mencari jasa pembuatan website, mungkin saja Kamu juga akan temukan info pembuatan website memakai WordPress.

Nah, untuk Kamu yang tidaklah terlalu akrab dengan dunia IT, pasti Kamu juga akan bertanya-tanya, “Apa itu WordPress? ”

WordPress yaitu … 

WordPress yaitu sebuah aplikasi Open Source pembuatan website yang di ciptakan oleh dua orang programmer asal Amerika Serikat bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Website apa pun dapat Kamu buat memakai WordPress, dari mulai website simpel sampai website yang memiliki feature mutakhir, tanpa ada perlu banyak punyai urusan dengan script pemrograman rumit.

Hanya dengan mengatur halaman, plugin, dan tata letak, Kamu telah dapat membuat sebuah website yang kaya feature.

Bila dimisalkan masakan, buat website dengan manual dengan script pemrograman dan buat website dengan WordPress seperti perbandingan memasak dengan bumbu mentah dan memasak memakai bumbu instan.

Terdapat beberapa sistem manual yang perlu Kamu lewati ketika memakai bumbu mentah. Kamu harus menakar bahan, mengupas, memotong-motong sampai melembutkan terlebih dulu sebelumnya mulai memasak.

Sebaliknya, ketika memasak dengan bumbu instan Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan baku & mencampurkannya dengan bumbu saja sebelumnya siap di nikmati.

Dalam konteks hasil yang dibuat nanti juga akan sama, bahkan juga lebih baik, pasti Kamu lebih memilih cara instan, bukan?

Terkecuali hasil yang lebih baik, WordPress juga tawarkan efektivitas dan waktu pelaksanaan yang lebih cepat. Pendeknya, sistem pembuatan website Kamu juga akan tambah lebih mudah memakai WordPress.

Peranan & Manfaat WordPress 

Seperti yang sudah dibicarakan pada awal kajian, peranan utama WordPress yaitu menolong Kamu buat website tanpa ada perlu banyak bersentuhan dengan script pemrograman website. Dengan default, WordPress telah memiliki komponen basic sebuah website seperti editor, pembuatan halaman, sampai plugin yang sangat mungkin Kamu memberikan feature khusus seperti toko on-line, pop-up banner & sebagainya.

Bila biasanya seseorang situs developer dapat buat website dengan manual kurun waktu 30 hari, Kamu dapat membuat website dalam hitungan menit dengan memakai WordPress. Menarik, bukan?

Beberapa Type WordPress 

Tahukah Kamu kalau WordPress memiliki 2 type, yakni WordPress Hosted dan WordPress Self-Hosted.

Apa yang membedakan keduanya? Dengan umum yang membedakan keduanya yaitu tempat penyimpanan file website. Walau demikian, ada hal-hal lain yang membedakan ke-2 type WordPress ini. Berikut kami beri penjelasannya untuk Kamu.

1. WordPress Hosted 

Kamu dapat memakai layanan WordPress Hosted tanpa ada biaya sekalipun dan telah memperoleh jatah disk space sebesar 3GB. Hanya saja, website Kamu nanti juga akan ditempatkan pada subdomain. wordpress. com.

Bila Kamu memakai layanan ini, semua file dan gambar website juga akan disimpan di server punya WordPress.

Keunggulan : 
  • Gratis, tidak memerlukan biaya berlangganan hosting dan domain. 
  • Tidak memerlukan maintenance script & hosting. 
Kekurangan : 
  • Tidak memiliki akses ke script website. 
  • Feature terbatas (tidak ada plugin). 
Layanan ini pas untuk … 
  • Pemula yang belajar buat website basic. 
  • Kamu yg tidak ingin keluarkan biaya untuk berlangganan hosting & domain. 
  • Kamu yang buat website untuk kepentingan non komersial & evaluasi. 
2. WordPress Self-Hosted 

Jika Kamu ingin memakai WordPress Self-Hosted, Kamu harus berlangganan paket hosting dan memiliki domain sendiri terlebih dulu. Sesudahnya, Kamu dapat meng-install WordPress pada layanan hosting yang Kamu punyai itu.

Source code untuk WordPress Self-Hosted dapat didownload di https :// wordpress. org. Alternatifnya, Kamu dapat juga melakukan instalasi melalui feature auto-installer yang biasanya terdapat pada paket hosting Kamu.

Keunggulan 
  • Dapat menempatkan theme & plugin pada website dan mengedit scriptnya. 
  • Memiliki akses penuh ke file website. 
  • Lebih mudah dalam optimalkan SEO. 
Kekurangan 
  • Harus mempersiapkan biaya biaya hosting & domain. 
  • Harus mensetting script & menangani sendiri bila ada persoalan pada website. 
Layanan ini pas untuk … 
  • Pemula yang ingin belajar buat website profesional. 
  • Kamu yang ingin buat website dengan feature dan keperluan khusus. 
  • Kamu yang serius membuat bisnis dengan on-line. 
Dari keterangan diatas, Kamu dapat memutuskan type WordPress mana yang pas untuk Kamu pakai saat ini diliat dari keunggulan & kekurangannya semasing.

Keunggulan WordPress Dibanding CMS Lain 

Dibanding dengan CMS yang lain WordPress memiliki kelebihan sendiri, salah satunya :

User-friendly 

Bila dibanding dengan CMS yang lain, penampilan halaman administrator WordPress cukup user friendly, menu pada halaman wordpress tidaklah terlalu banyak tetapi cukup mewakili semua peranannya. Hingga untuk pemakai pemula semakin lebih cepat kuasai pemakaian WordPress.

Instalasi Mudah 

Sistem instalasi WordPress baik dengan manual maupun automatis melalui Softaculus yaitu sangat mudah. Hanya dengan isi beberapa kolom isian saja, website WordPress Kamu dapat terinstal dan selekasnya siap digunakan.

Lihat juga : jasa pembuatan web ciledug

Feature Dan Support Theme & Plugin yang Lengkap 

Website seperti apa pun dapat Kamu mewujudkan memakai WordPress. Dari mulai website company profile, toko on-line, sampai website tur & travel, semua dapat Kamu buat dengan mudah. Ada juga juta-an theme dan plugin yang siap menolong Kamu membuat website yang kaya feature.

Bila dibanding dengan CMS beda, jumlah developer theme & plugin WordPress tambah lebih banyak. Ini berarti, Kamu tidaklah perlu cemas kehabisan pilihan karena semua telah ada!

Open Source 

Sifat WordPress yaitu Open Source. Karena itu, Kamu dapat memodifikasi script untuk sesuai dengan keperluan system website Kamu.

Kekurangan WordPress Dibanding CMS Lain 

Walau memiliki banyak keunggulan memukau, WordPress juga memiliki kekurangan basic seperti CMS beda. Tersebut disini beberapa salah satunya.

Open Source 

Ya, Kamu tidak salah baca. Terkecuali keunggulan, sifat Open Source pada WordPress juga punya potensi jadi kekurangan. Bagaimana dapat?

Dengan ketahui source code script WordPress, beberapa orang yang punya niat jelek dapat mencari kekurangan & memakainya jadi jalan untuk melakukan hacking pada website berplatform WordPress.

Penampilan yang Seragam 

Karena CMS WordPress dapat didownload dengan mudah, makin beberapa orang memakai penampilan basic WordPress dengan seragam. Hal semacam ini terkadang jadi masalah untuk yang memiliki website perusahaan karena website mereka jadi berkesan market atau ‘kurang eksklusif’.

Tetapi, Kamu tidaklah perlu cemas. Hal semacam ini masih tetap dapat diakali dengan memakai plugin WordPress yang sangat mungkin Kamu memodifikasi penampilan basic WordPress itu.

Up-date Compability 

WordPress sangat rajin memperbarui feature dan segi keamanan CMS mereka. Walau ini dapat diliat jadi hal positif, rupanya hal ini dapat juga memberi efek kurang baik untuk beberapa plugin.

Pengembang plugin yg tidak dapat menyeimbangi up-date resmi WordPress dapat menyebabkan plugin bikinannya tidak cocok dengan versus WordPress paling baru.

Akhirnya, plugin tidak bekerja seperti harusnya. Dalam beberapa masalah hal semacam ini dapat menyebabkan lebih kronis, buat website Kamu jadi error.

Kesimpulan 
Akhir kata, pilihan kembali berada di tangan Kamu. Bila Kamu ingin memiliki website dengan sistem pembuatan cepat dan pengoperasian mudah, CMS WordPress layak Kamu menjadikan pilihan.

Walau demikian, jika Kamu memerlukan website dengan feature yang rumit dan khusus, rasa-rasanya semakin lebih tepat bila Kamu buat website dengan custom memakai PHP manual atau frame-work. Walau, sudah pasti, hal ini dapat juga di akomodasi oleh CMS WordPress.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar