footer logo

Menu Sehat untuk Lingkungan Perkantoran

Terkadang keinginan Anda untuk mulai hidup sehat terbentur dengan pilihan makanan yang ada di sekitar Anda. Ditambah dengan aktivitas sehari-hari, menjadikan Anda seringkali makan diluar daripada memasak sendiri. Berikut beberapa tips makan sehat bila Anda miliki kebiasaan makan di warteg atau kantin kantor.

Pilih menu ikan 
Dibanding dengan rendang daging, Anda dapat pilih menu ikan. Ikan kaya lemak yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Omega 3, vitamin D, dan selenium adalah beberapa zat gizi yang ada pada ikan. Omega 3 terlebih berperan dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah. Manfaat lainnya yakni menormalkan tekanan darah dan ritme jantung, turunkan kandungan trigliserida dalam darah dan membantu kurangi inflamasi dalam tubuh. Jenis ikan yang banyak terkandung omega 3 yaitu ikan tuna, salmon, mackerel, dan sarden. Untuk kurangi konsumsi lemak, Anda bisa pilih menu ikan yg tidak digoreng.

Jangan ambil yang digoreng 
Langkah paling mudah untuk memotong jumlah kalori yaitu dengan merubah cara pengolahan pada menu makanan Anda. Makanan yang digoreng pasti memiliki kalori yang lebih besar karena memakai minyak. Setiap 5 gr atau satu sendok teh minyak menyumbang 50 kalori. Anda dapat mengira-ngira berapakah banyak kalori yang Anda dapat hanya dari minyak saja bila makanan yang Anda konsumsi di proses menggunakan cara deep fried. Pastikan menu yang di proses memakai sedikit minyak. Misalnya dikukus, dibakar, atau ditumis.

Jauhi santan 
Bila Anda penyuka makanan bersantan, hati-hati dengan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya. 1/3 gelas santan mengandung kurang lebih 5 gr lemak atau setara dengan 50 kalori. Makanan bersantan biasanya juga masih memakai kombinasi minyak goreng hingga bertambah jumlah kalorinya. Dibanding makanan bersantan, Anda bisa pilih makanan berkuah bening seperti sup atau tumis sayuran.

Pilih nasi merah 
Bila ada pilihan nasi merah, maka Anda dapat jadikan nasi merah sebagai alternatif dari nasi putih yang biasa Anda makan. Nasi merah mengandung lebih banyak serat bila dibanding dengan nasi putih. Serat bisa membantu system pencernaan Anda jadi lebih lancar dan sekalian membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi serat yang cukup dapat juga kurangi resiko penyakit-penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Diluar itu nasi merah juga kaya zat besi yang bisa membantu penuhi keperluan zat besi harian Anda.

Kurangi saus krim dan mayonnaise 
Bila menu makan siang Anda hari ini yaitu salad atau pasta, jauhi memakai saus yang terbuat dari cream misalnya saus carbonara dan memakai topping salad yang terbuat dari mayonnaise. Pemakaian saus dan topping berjenis cream dan mayonnaise bisa memberi kalori. Selain itu, baik saus berbahan basic cream ataupun mayonnaise mengandung kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Belum lagi biasanya pemrosesannya memakai mentega yang berasal dari lemak hewan. Sangat banyak konsumsi lemak jenuh bisa tingkatkan resiko kegemukan dan penyakit-penyakit lainnya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Pastikan setengahnya yaitu sayuran 
Bila Anda dihadapkan pada pilihan makanan yang cukup banyak, pastikan berbagai jenis type sayuran. Isi setidaknya 1/2 dari piring Kamu dengan sayuran baik yang berbentuk sup ataupun ditumis. Kandungan serat pada sayuran akan buat Anda lebih cepat kenyang hingga menghindar Anda untuk makan berlebihan dan mengonsumsi makanan ringan sesudah makan besar. Ini bisa membantu Anda turunkan berat badan. Sayur-sayuran juga dapat membantu melindungi kesehatan Anda secara menyeluruh dengan kandungan mineral dan vitaminnya.

Hindari camilan 
Saat menanti pesanan makanan Anda datang, jauhi konsumsi makanan ringan seperti kerupuk maupun gorengan. Walau Anda sangatlah lapar, sebaiknya Anda tak mengonsumsi makanan ringan yg tidak sehat sebelum makan utama. Kerupuk dan gorengan mungkin tak terasa mengenyangkan, namun kandungan kalori nya bisa jadi sama besar dengan kalori dari nasi yang akan Anda makan. Kerupuk dan gorengan memiliki kandungan lemak tinggi karena cara pengolahannya yang digoreng. Terlebih lagi baik kerupuk ataupun gorengan memakai tepung sebagai salah satu bahan dasarnya. Makanan yang berlapiskan tepung cenderung menyerap minyak lebih banyak saat digoreng, ini berarti Anda juga konsumsi lebih banyak lemak.

Minumnya : air putih 
Saat makan, Anda mungkin cenderung pilih type minuman yang dingin dan memakai penambahan gula seperti es teh manis, es kopi, juice buah, dll. Satu sendok makan gula pasir mengandung 37 kalori dan 9 gr karbohidrat. Mengkonsumsi gula yang disarankan yaitu tidak lebih dari 4 sendok makan per hari nya. Untuk mengontrol konsumsi gula Anda, pastikan type minuman yang rendah gula. Alternatif paling sehat yaitu mengkonsumsi air putih. Tetapi bila Anda ingin minuman yang memiliki rasa, juice buah bisa jadi pilihan Anda. Namun tetap batasi konsumsi gula Anda, mintalah untuk memakai sedikit gula atau bahkan tidak sama sekali untuk kombinasi juice buah Anda. sewa kantor murah jakarta selatan

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar